Search
  • Jasa Admin Sosmed

Pods Vape Rekomendasi Di Indonesia

Updated: Oct 10, 2019

Zaman sekarang, banyak yang menggunakan Pods Vape atau dikenal dengan rokok elektrik sebagai pengganti rokok konvensional. Dengan begitu, banya jenis Pods Vape yang tersedia di Indonesia bahkan di dunia. Tapi, untuk Pods Pave terbaik pilih saja UPODS ya! Kenapa harus UPODS? Karena UPODS ini Pods Vape terbaik yang sudah terstandarisasi dan berstandar nasional, maka dari itu sangat direkomendasikan untuk kalian nih para vapers.


Berbicara mengenai Pods Vape terbaik ini tentu saja memiliki syarat dan ketentuan dan berstandar nasional. Tapi, perlu kita ketahui dahulu nih mengenai rokok elektrik ini. Ketentuan mengenai impor vape atau rokok elektrik dapat kita lihat pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 86 Tahun 2017 tentang Ketentuan Impor Rokok Elektrik.


Menurut Pasal 1 angka 1 Permendag 86/2017, Rokok Elektrik adalah perangkat rokok yang digunakan dengan memanaskan cairan yang menghasilkan asap dan dihisap oleh pemakainya yang termasuk likuid nikotin dan pengganti likuid nikotin yang digunakan sebagai isi mesin dan aparatus elektrik.


Adapun syarat agar rokok elektrik bisa beredar di Indonesia. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bertindak tegas mengatur peredaran rokok elektrik atau vape di Indonesia. Dia memberi syarat kepada pedagang jika ingin mengedarkan dan mengimpor rokok elektrik. Rokok elektrik hanya boleh beredar dan diimpor kalau ada rekomendasi dari Menteri Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Menteri Perindustrian, dan mendapat sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).


Rokok Elektrik hanya dapat diimpor oleh perusahaan pemilik Angka Pengenal Importir (API) yang telah mendapat Persetujuan Impor Rokok Elektrik dari Menteri Perdagangan. Menteri dapat memberikan mandat penerbitan Persetujuan Impor kepada Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Perdagangan . API adalah tanda pengenal sebagai importir. Importir sendiri adalah orang perorangan atau badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum yang melakukan kegiatan impor. Secara umum impor hanya dapat dilakukan oleh importir yang memiliki API.


Syarat dan ketentuan pengurusan permohonan API bergantung pada pihak yang mengajukan API. Khusus untuk mendapatkan Persetujuan Impor Rokok Elektrik, perusahaan pemilik API harus mengajukan permohonan secara elektronik kepada Direktur Jenderal dengan melampirkan:


a. Surat Izin Usaha Perdagangan atau izin usaha lain yang sejenis dari instansi yang berwenang;

b. API;

c. Rekomendasi dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang perindustrian;

d. Rekomendasi dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan;

e. Rekomendasi dari lembaga pemerintah non kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan, untuk impor likuid nikotin dan pengganti likuid nikotin; dan

f. Bukti pengalaman sebagai importir Rokok Elektrik paling sedikit selama 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan Pemberitahuan Impor Barang (PIB); atau

g.Bukti pengalaman sebagai distributor Rokok Elektrik paling sedikit selama 1 (satu) tahun berupa:

1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP);

2. Surat Tanda Pendaftaran Distributor Barang Produksi Dalam Negeri dan/atau Luar Negeri untuk Rokok Elektrik yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri; dan

3. Surat penunjukan atau kerjasama sebagai distributor Rokok Elektrik dari produsen dalam negeri dan/atau produsen luar negeri.


Atas permohonan untuk mendapatkan persetujuan Impor Rokok Elektrik tersebut, Menteri atau Direktur Jenderal menerbitkan Persetujuan Impor paling lama 5 (lima) hari kerja terhitung sejak permohonan diterima secara lengkap dan benar.


Jadi secara umum ketentuan impor rokok elektrik sama dengan ketentuan impor pada umumnya yaitu harus memiliki API, tetapi dalam hal mendapatkan persetujuan impor, bagi importir rokok elektrik harus memenuhi ketentuan persyaratan lainnya. Kemudian ada beberapa hal khusus lainnya yaitu antara lain:


1. Selain memenuhi ketentuan API dan persetujuan impor, setiap pelaksanaan Impor Rokok Elektrik harus terlebih dahulu dilakukan Verifikasi atau Penelusuran Teknis Impor di pelabuhan muat. Verifikasi atau Penelusuran Teknis dilakukan oleh Surveyor yang ditetapkan oleh Menteri.

2. Setiap Impor Rokok Elektrik hanya dapat dilakukan melalui pelabuhan tujuan.

a. pelabuhan laut: Belawan di Medan, Tanjung Perak di Surabaya, dan Soekarno Hatta di Makasar.

b. pelabuhan udara: Soekarno-Hatta di Tangerang.

3. Kemudian Rokok Elektrik asal impor hanya dapat diedarkan setelah memperoleh izin edar dari lembaga pemerintah non-kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan.


Itulah syarat dan ketentuan agar Pods Vape bisa berkembang di Indonesia, tentunya UPODS adalah Pods Vape terbaik yang telah memenuhi syarat dan ketentuan tersebut. Jadi, sangat rekomendasi untuk menjadi pilihan kamu, yaitu UPODS, salah satu Pods Vape terbaik di Indonesia tercinta ini.


Baca Juga :

Tips Menggunakan Pods Vape Untuk Pemula

Bahaya Menggunakan Pods Vape Tidak Terstandarisasi

ALASAN KENAPA HARUS MEMILIH PODS VAPE?

408 views

©2019 by www.upods.id